JPNN.com

7 Kiat Membangkitkan Semangat untuk Kembali Berolahraga

Senin, 09 September 2019 – 11:40 WIB 7 Kiat Membangkitkan Semangat untuk Kembali Berolahraga - JPNN.com

jpnn.com - Anda sedang dalam kondisi tidak bersemangat untuk berolahraga? Jangan khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan kembali semangat berolahraga. Apalagi momentumnya saat ini dirasa sangat pas, yakni menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Ya, mumpung momentumnya tepat, tak ada salahnya untuk kembali menggelorakan semangat rutin olahraga. Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSC, MSc dari KlikDokter, dengan olahraga rutin, Anda akan memiliki tulang dan otot yang lebih kuat, menjaga berat badan tetap ideal, meningkatkan energi, daya tahan tubuh lebih prima, serta membuat tekanan darah dan kolesterol tetap stabil.

"Akan tetapi, konsistensi untuk melakukan olahraga setiap hari hingga menjadikannya gaya hidup tidaklah mudah dicapai. Seolah-olah, ada banyak alasan merintangi Anda berolahraga setiap hari selama 30 menit, sesuai anjuran para ahli," ujar dr. Nitish. 

Ya, olahraga perlu konsistensi. Apa pun olahraganya, Anda butuh melakukannya selama 30 menit, minimal 5 hari dalam seminggu.

Sumber motivasi untuk berolahraga

Pada dasarnya, motivasi adalah penting ketika ingin berolahraga. Bagi para atlet, misalnya, motivasi untuk berolahraga mungkin datang dari keinginan untuk bersaing dan menang. Namun bagi orang kebanyakan, motivasi berolahraga dipicu oleh keinginan menurunkan berat badan dan hidup sehat.

Apa pun motivasi Anda, tidak ada yang salah. Asalkan Anda melakukannya dengan konsisten dan bertanggung jawab. Lantas bagaimana jika Anda masih kekurangan motivasi? Tujuh hal ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Tujuan
Langkah pertama adalah memiliki sesuatu untuk dikerjakan. Tidak masalah apakah itu tujuan penurunan berat badan atau tujuan lainnya, yang penting bisa membuat Anda berhasil dalam berolahraga. Lalu, jangan berpikir juga bahwa Anda harus menetapkan hanya satu tujuan. Anda dapat mengatur sebanyak yang Anda suka, kapan pun Anda mau.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...