JPNN.com

4 Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Obesitas

Senin, 09 September 2019 – 10:21 WIB 4 Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Obesitas - JPNN.com

jpnn.com - Orang yang mengalami kondisi obesitas dan terbiasa dengan gaya hidup sedenter, biasanya agak sulit untuk mulai rutin berolahraga. Memang Anda tidak perlu langsung melakukannya dalam intensitas tinggi. Pertama-tama, kenali dulu olahraga yang cocok dan cara memulainya.

Pasalnya, untuk pemilik berat badan berlebih, beberapa jenis olahraga bisa menyakitkan atau menyebabkan ketidaknyamanan fisik.

Olahraga yang cocok untuk penderita obesitas
Olahraga memang baik untuk setiap orang tak peduli berapa berat badannya. Meski demikian, ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari orang-orang dengan obesitas.

Menurut dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, dari KlikDokter,olahraga seperti angkat beban atau latihan kekuatan sebaiknya dihindari dulu. Pasalnya, jenis olahraga tersebut tak akan mengurangi jumlah lemak yang tertimbun dalam tubuh, melainkan lemak diubah langsung menjadi otot. Sehingga, bentuk badan bisa tak menyusut.

Lantas, olahraga seperti apa yang paling baik untuk penderita obesitas?

1. Jalan kaki

Paling mudah adalah memulai dengan berjalan kaki. Aktivitas fisik low-impact ini bisa dilakukan di mana saja. Untuk penderita obesitas morbid, mungkin berjalan bisa sulit, tetapi bisa dilakukan dengan pendamping. Bahkan berjalan lambat pun tetap bisa membakar kalori pada orang-orang yang kelebihan berat badan, karena pengerahan energi yang lebih besar untuk menggerakkan tubuh.

2. Lari

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...