JPNN.com

Efektifkah Pengaturan Waktu Makan untuk Menurunkan Berat Badan?

Minggu, 08 September 2019 – 23:24 WIB Efektifkah Pengaturan Waktu Makan untuk Menurunkan Berat Badan? - JPNN.com

jpnn.com - Para pelaku diet mungkin dapat mempertimbangkan soal pengaturan waktu makan. Pasalnya, pengaturan waktu makan dipercaya dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Memang tidak semua ahli gizi sepakat tentang hal tersebut. Hasil penelitiannya juga memberikan hasil yang beragam. Meski demikian tidak ada salahnya Anda mengenali metode tersebut.

Waktu makan karbohidrat dan protein, olahraga, pembakaran lemak

Dilansir dari Verywell Fit, orang-orang yang mempraktikkan pengaturan waktu makan percaya bahwa mengonsumsi nutrisi spesifik di waktu tertentu, bisa membantu mempromosikan regulasi insulin untuk pembakaran lemak dan pembentukan otot.

Misalnya saja, Anda dapat mengonsumsi makanan ringan yang kaya karbohidrat dan protein tepat sebelum atau setelah berolahraga untuk meningkatkan produksi insulin. Secara teori, dengan meningkatkan kadar insulin, Anda juga meningkatkan pengambilan glukosa untuk membangun atau memelihara jaringan otot. Selain itu, hal ini juga lebih efektif untuk membakar lemak.

Beberapa penelitian memang telah menyarankan soal pengaturan makan, khususnya untuk makronutrien, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Sayangnya, ada pula penelitian yang tidak menemukan manfaat dari pengaturan waktu makan terhadap penurunan berat badan. Bahkan, protein berkualitas tinggi yang dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan justru dianggap tidak aman.

Seperti yang sudah disinggung di atas, pengaturan waktu makan, khususnya bila dikaitkan dengan waktu olahraga, memang masih mengundang pro dan kontra. Sehingga, jika Anda termasuk pelaku diet yang tidak ingin repot dan mudah lupa, sepertinya akan lebih mudah melakukan pengaturan porsi makan ketimbang pengaturan waktu makan.

Pengaturan waktu makan yang dianjurkan dokter

Hingga saat ini, pengaturan gizi seimbang dengan porsi dan jumlah kalori yang pas masih dianggap menjadi metode yang paling tepat untuk menurunkan berat badan.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...