3 Juni, Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal

3 Juni, Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal
Melihat Hilal. Ilustrasi Foto: Paksi Sandang Prabowo/Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1440H akan digelar 3 Juni mendatang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya idulfitri, 1 Syawal 1440H.

"Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Senin, 3 Juni 2019M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin, Kamis (30/5).

Menurut Amin, sidang isbat akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

BACA JUGA: Oki Setiana Dewi Heran Mengapa Ria Ricis Harus Menginap di RS

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah," ujarnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menjelaskan, rangkaian Sidang Itsbat diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi. Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore.

Selepas Magrib, lanjut Agus, digelar Sidang Itsbat tertutup yang dipimpin menag. Dalam sidang tersebut, Direktur Urais dan Binsyar akan melaporkan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat penentuan 1 Syawal 1440H.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News