3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir

3 Kecamatan di Jember Terdampak Banjir
Banjir yang melanda di Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jumat (24/2/2023) sore. (ANTARA/VJ Hamka Agung Balya)

jpnn.com, JEMBER - Hujan deras dan luapan air sungai menyebabkan banjir disertai lumpur merendam tiga kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan banjir terjadi di Kecamatan Rambipuji, Patrang, dan Kaliwates.

Menurut dia, ada enam dusun di Kecamatan Rambipuji yang terdampak banjir, yakni Dusun Krajan, Gudang Karang, Kaliputih, Kidul Pasar, dan Rambigundam.

"Berdasarkan data sementara, jumlah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Rambipuji sebanyak 80 kepala keluarga (KK), namun petugas masih terus melakukan pendataan di lapangan," kata dia saat dihubungi per telepon di Jember.

Sedangkan di Kecamatan Patrang, banjir melanda di kawasan Jalan Kasuari dengan jumlah warga yang terdampak banjir sebanyak 17 KK dan proses asesmen juga masih berlangsung.

Banjir di Kecamatan Kaliwates terjadi di Kelurahan Jember Kidul dengan jumlah warga yang terdampak sebanyak 23 KK, termasuk rumah pribadi Bupati Jember Hendy Siswanto yang berada di Kampung Ledok.

Rumah Bupati Jember di Kampung Ledok menjadi daerah langganan banjir karena berada di dekat Sungai Jompo, sehingga saat hujan deras mengguyur selama beberapa jam maka sungai tidak mampu menampung debit air dan meluap ke permukiman warga yang berada di kawasan tersebut.

"Tiga tim melakukan kaji cepat serta evakuasi dibantu oleh relawan dan petugas Desa Tangguh Bencana (Destana). Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir yang melanda tiga kecamatan itu," katanya.

Hujan deras dan luapan air sungai menyebabkan banjir disertai lumpur merendam tiga kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News