JPNN.com

3 Kiat Berolahraga untuk Penderita Asam Urat

Minggu, 26 Juli 2020 – 04:33 WIB
3 Kiat Berolahraga untuk Penderita Asam Urat - JPNN.com

jpnn.com - Bagi penderita asam urat yang ingin berolahraga, sebaiknya periksakan kondisi Anda kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini berhubungan dengan keadaan medis Anda secara keseluruhan atau adanya faktor penyulit lain.

Berikut ini adalah berbagai aktivitas fisik yang ideal bagi penderita asam urat:

1. Latihan Aerobik

Beberapa jenis aktivitas aerobik akan meningkatkan detak jantung Anda dan meningkatkan daya tahan. Latihan aerobik dapat Anda lakukan tiga hingga empat kali per minggu selama sekitar 30 menit.

Anda bisa mencoba berjalan cepat, berlari ringan, atau bersepeda. Berenang atau berolahraga di air hangat juga bisa dilakukan untuk membuat nyaman dan meregangkan sendi-sendi yang kaku.

2. Latihan Fleksibilitas

Jenis latihan ini akan membantu meningkatkan rentang gerak. Meningkatkan fleksibilitas akan membuat jenis latihan lainnya lebih mudah dan akan membantu Anda bergerak dengan lebih nyaman ketika beraktivitas di siang hari.

Luangkan waktu selama 15 menit untuk meregangkan sendi Anda setiap hari, dengan bergerak secara perlahan dan konsisten.

3. Latihan Penguatan (Strengthening)

Jika Anda tidak bergerak aktif karena persendian yang sakit dan bengkak, otot Anda justru semakin lemah. Mengangkat beban, melakukan latihan resistensi, dan yoga akan membantu meningkatkan kekuatan Anda.

Otot yang lebih kuat dapat menopang persendian dan mencegah cedera yang lebih parah. Ketika Anda menjadi lebih kuat, kegiatan sehari-hari seperti naik tangga dan mengangkat benda berat akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy