3 Kiat Mencegah Anak Kekurangan Nutrisi Saat Berpuasa

3 Kiat Mencegah Anak Kekurangan Nutrisi Saat Berpuasa
Anak-anak. Ilustrasi. Foto Dailymail

jpnn.com - Tahun ini mungkin menjadi pengalaman pertama bagi anak untuk menjalankan ibadah puasa.

Dr. Melyarna Putri menyarankan anak yang belajar berpuasa pada bulan Ramadan sebaiknya diatur asupan makanannya dengan baik.

Untuk menjaga tubuh si kecil tetap sehat selama berpuasa, berikan menu sehat yang tepat.

Karena membutuhkan perhatian khusus, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut untuk mencegah anak kekurangan nutrisi selama menjalankan ibadah puasa:

1. Anak harus terpenuhi kebutuhan kalori hariannya saat sahur dan buka puasa. Sebagai contoh, pada usia anak 7 tahun, kebutuhan kalorinya sebesar 1200–1600 kalori, ukuran ini tergantung pada aktivitas dan jenis kegiatannya.

2. Beritahu anak apabila dia merasa berkunang-kunang dan pusing, segera informasikan kepada Anda atau keluarga yang berada di dekatnya.

3. Sampaikan kepada anak untuk tidak memaksakan diri menyelesaikan puasa jika memang tidak kuat. Karena masih dalam tahap belajar, puasa yang dijalankannya belum merupakan kewajiban bagi mereka.

Saat anak mulai belajar berpuasa, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisinya dengan baik. Jangan sampai puasa justru membuat si kecil lemas dan mengurangi aktivitas bermain dalam tahap tumbuh kembangnya. Yang perlu diingat berikan dia menu sehat saat sahur dan buka puasa.(RH/klikdokter)


Karena membutuhkan perhatian khusus, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut untuk mencegah anak kekurangan nutrisi selama menjalankan ibadah puasa.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News