3 Makanan Laut Ini Bantu Atasi Kolesterol Tinggi

3 Makanan Laut Ini Bantu Atasi Kolesterol Tinggi
Kerang. Ilustrasi

jpnn.com - Aneka makanan laut seperti udang, cumi, dan kepiting sering dianggap sebagai biang keladi kolesterol tinggi. Orang-orang yang telah mengetahui dirinya memiliki kadar kolesterol yang tinggi biasanya menghindari makanan laut.

Padahal, justru ada beberapa jenis makanan laut yang bisa membantu Anda mengatasi kolesterol tinggi.

Namun, tak semua makanan laut membuat kolesterol Anda naik. Jika Anda memiliki kolesterol dan tiga jenis makanan laut di bawah ini tertulis di dalam daftar hitam Anda, mungkin ini saatnya Anda menghapusnya.

Sebab ketiga jenis seafood ini, jika dikonsumsi akan bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi.

1. Ikan salmon dan ikan tuna

Ikan salmon dan ikan tuna adalah dua jenis ikan yang banyak mengandung omega-3. Alih-alih menyebabkan kolesterol tinggi, omega-3 yang terkandung dalam dua ikan tersebut justru bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (juga dikenal sebagai LDL atau low-density lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol baik (dikenal sebagai HDL atau high-density lipoprotein). Jenis ikan lainnya yang juga kaya akan omega-3 adalah makarel.

Walau baik untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, tapi proses pengolahan ikan harus diperhatikan. Hindari menggoreng ikan karena cara memasak tersebut akan menghilangkan lebih dari 50 persen kandungan omega-3 di dalam ikan.

Anda juga bisa mengolah ikan dengan cara dipanggang, dikukus, atau dijadikan sup. Untuk ikan salmon, jika Anda yakin kualitas ikannya sangat baik, mengonsumsinya mentah (ala sashimi atau poke bowl) juga baik untuk kesehatan.

Justru ada beberapa jenis makanan laut yang bisa membantu Anda mengatasi kolesterol tinggi.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News