Minggu, 16 Juni 2019 – 05:41 WIB

3 Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Senin, 29 April 2019 – 13:55 WIB
3 Manfaat Jagung untuk Kesehatan - JPNN.COM

jpnn.com - Dari sup jagung, jagung bakar, sereal, bakwan jagung, popcorn, atau berbagai olahan lainnya membuat jagung sangat digemari. Tak hanya itu, tak sedikit orang yang menjadikan jantung sebagai alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi.

Beruntunglah Anda yang gemar makan jagung. Ada banyak manfaat jagung untuk kesehatan jika dikonsumsi sesuai rekomendasi.

Jagung yang dikenal dengan istilah maizena (Zea mays), merupakan salah satu jenis biji-bijian yang paling populer di berbagai belahan dunia.

Beberapa produk jagung yang paling sering dikonsumsi adalah popcorn dan jagung manis. Namun, berbagai produk jagung yang diproses juga tidak kalah terkenalnya, seperti tepung maizena, minyak jagung, dan sebagainya.

Secara umum, 100 gram jagung kuning yang direbus mengandung sekitar 96 kalori, 73 persen air, 21 gram karbohidrat, 3,4 gram protein, 1,5 gram lemak, serta 2,4 gram serat.

Seperti biji sereal lainnya, karbohidrat merupakan komponen utama dari jagung. Jenis karbohidrat utama yang ditemukan pada jagung disebut pati. Jagung juga mengandung gula dalam jumlah yang kecil. Salah satu jenis jagung, yaitu jagung manis, mengandung pati dalam proporsi yang lebih sedikit dan gula dalam proporsi yang lebih banyak. Selain itu, jagung juga cukup kaya akan serat. Sebaliknya, kandungan protein dan lemak pada jagung relatif rendah.

Berbagai manfaat jagung untuk kesehatan

Lalu, apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dari konsumsi jagung?

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar