JPNN.com

3 Minuman ini Aman untuk Penderita Diabetes

Selasa, 27 Agustus 2019 – 12:28 WIB 3 Minuman ini Aman untuk Penderita Diabetes - JPNN.com

jpnn.com - Mengalami diabetes membuat seseorang tak bisa memilih makanan dan minuman sesuka hati. Pasalnya, salah memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa menyebabkan gula darah melonjak tinggi. Namun, ada beberapa jenis minuman selain air putih yang dianggap aman untuk dikonsumsi.

Manfaat air putih
Minuman terbaik bagi penderita diabetes atau diabetesi adalah air putih. Selain karena tak memiliki kandungan karbohidrat dan kalori, air putih juga dapat membantu mengendalikan kadar gula di dalam darah.

Air putih yang cukup akan membantu rehidrasi di dalam darah, sehingga kelebihan gula di dalam darah dapat dikeluarkan melalui air seni.

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi air putih lebih dari 1 liter per hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah untuk mengalami lonjakan kadar gula darah yang tinggi dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi air putih kurang dari 500 mililiter per hari.

Agar optimal, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi air putih sekitar 1,5-2 liter per hari. Meski demikian, ada kalanya diabetesi ingin mengonsumsi minuman selain air putih, misalnya saat ngobrol dengan teman di kafe atau makan di restoran.

Minuman lain yang aman dikonsumsi diabetesi
Memang tak semua minuman bisa dikonsumsi sesuka hati oleh diabetesi. Namun, jenis minuman di bawah ini dapat dikonsumsi dengan aman oleh para penderita diabetes.

1. Teh hijau

Meski masih terus diteliti, teh hijau diduga memiliki zat tertentu yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, telah diketahui bahwa teh hijau kaya akan zat polifenol yang memiliki manfaat sebagai antiradang dan membantu menurunkan risiko kanker.

Berdasarkan penelitian, secangkir teh hijau hangat juga terbukti bisa membantu menurunkan stres dan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Agar teh hijau dapat diminum dengan aman dan terasa nikmat bagi diabetesi, gunakan pemanis buatan yang aman bagi penderita diabetes, misalnya stevia.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...