Kamis, 15 November 2018 – 11:36 WIB

3 Negara ini Angka Harapan Hidupnya Tinggi, Yuk Ikutin

Minggu, 09 September 2018 – 04:31 WIB
3 Negara ini Angka Harapan Hidupnya Tinggi, Yuk Ikutin - JPNN.COM

jpnn.com - Sehat dan panjang umur, tentu menjadi impian semua orang. Itulah sebabnya semua orang berusaha menjaga kesehatan dan ingin tetap bugar setiap saat. Meski begitu, konon angka harapan hidup di setiap negara berbeda-beda, berada di kisaran 60-80 tahun. 

Beberapa orang mungkin bisa hidup di atas rentang usia tersebut, tapi lebih banyak juga yang terbatas di usia 80 tahun.

Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, ada tiga negara yang memiliki angka harapan hidup tinggi, yaitu Korea Selatan, Italia, dan Jepang. Untuk bisa panjang umur seperti penduduk di negara-negara tersebut, menurut dr. Astrid caranya pun cukup sederhana.

“Hampir semua negara tersebut menerapkan pola makan yang baik dan olahraga secara teratur. Anda pun bisa mencobanya di rumah bersama keluarga, dengan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi di Indonesia,” kata dr. Astrid.

Tak hanya pola makan, aktivitas olahraga juga termasuk dalam kiat sehat dan panjang umur. Hal tersebut nyatanya telah dibenarkan oleh sejumlah penelitian.

Kiat sehat dan panjang umur dari berbagai negara

Rahasia sehat dan panjang umur sebenarnya sederhana, yakni rajin olahraga, mengatur pola makan, mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol, serta mengontrol stres. Sebagai contoh, dr. Astrid menggambarkan kiat sehat penduduk di negara tertentu.

“Misalnya saja bagi warga Jepang, rahasia berumur panjang mereka sudah banyak diteliti dan mulai diterapkan oleh warga dari berbagai belahan dunia lain. Cukup sederhana, rahasianya yaitu pola diet dan aktivitas yang seimbang,” jelasnya.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar