3 Pesan Ganjar di Momen Hari Santri Nasional

3 Pesan Ganjar di Momen Hari Santri Nasional
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Kabupaten Jepara, Sabtu (22/10/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

jpnn.com - JEPARA -Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan tiga pesan kepada para santri. 

Pesan itu disampaikan saat upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan Bandengan, Kabupaten Jepara, Jateng, Sabtu (22/10). 

Ketiga pesan itu adalah, pertama, para santri ikut berupaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan melek teknologi digital yang sudah dibuktikan dengan banyaknya pondok pesantren yang mengembangkannya.

Kedua, para santri harus mampu bertani secara mandiri agar dapat berkontribusi terhadap katahanan dan kedaulatan pangan. “Ketiga, santri harus inovatif serta santri kreatif yang bisa juga mencari solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan lokal terhadap energi," kata Ganjar Pranowo.

Menurutnya, ketiga hal itu dapat menjadi landasan bagi santri untuk mempertahankan NKRI sesuai dengan zamannya saat ini.

"Kalau dulu bawa bambu runcing sekarang pakai akal, pakai pikiran pakai jejaring. Dan paling saya suka tadi dari deklarasinya para santri ini sungguh moderat. Bagaimana menjaga NKRI," ungkapnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu berharap santri bisa mengikuti perkembangan dan selalu mawas diri, sehingga dengan bekal ilmu keagamaan akan kuat terhadap gempuran ideologi yang menyimpang.

"Kalau perlu sekolahnya lebih tinggi karena banyak sekali yang mondok tetapi selesai S1, S2, dan S3, itu keren. Dan banyak fasilitas negara yang bisa diberikan, mereka punya potensi harus semangat," ungkap Ganjar Pranowo. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Ganjar Pranowo menyampaikan tiga pesan kepada para santri di momen peringatan Hari Santri Nasional.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News