3 Skenario Lalin Disiapkan Hadapi Puncak Arus Balik IdulAdha

3 Skenario Lalin Disiapkan Hadapi Puncak Arus Balik IdulAdha
Macet. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Puncak arus balik liburan IdulAdha diperkirakan terjadi hari ini Minggu (3/9). Diprediksi sebanyak 97.000 kendaraan melewati pintu tol Cikarang Utama.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo pada saat memantau langsung arus lalu lintas di pintu tol Cikarang Utama.

"Hari ini kami mempersiapkan kemungkinan puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada hari ini. Perkiraan volumenya mencapai 97 ribu kendaraan," ujar Sugihardjo.

Sebanyak 97 ribu kendaraan ini, naik 25 persen dari hari bisa biasa yang berkisar 77 ribu kendaraan per hari.

Dia menjelaskan, sejauh ini sudah ada tiga skenario untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik di Cikarang Utama.

"Ada tiga skenario yang dipersiapkan di Cikarang Utama mengantisipasi lonjakan arus balik. Pertama mengoptimalkan seluruh gardu layanan, yang totalnya 31 gardu. Hari ini sudah dibuka 28 gardu, jadi masih punya cadangan tiga gardu yang akan dibuka jika padat," jelasnya.

Kedua, bila sudah dibuka 31 gardu dan ada petugas yang membantu, namun antrian kendaraannya masih cukup panjang, maka kendaraan akan melambung tidak keluar di Cikarang Utama, tapi masuk melewati Cikarang Utama.

Ketiga, jika masih padat juga dan kendaraan itu sudah bertransaksi tetapi terjadi antrian karena ada penyempitan setelah gardu transaksi maka akan diadakan contra flow supaya volumenya sama.(chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News