Rabu, 27 September 2017 – 01:00 WIB

Arus Balik, Seperti ini Skenario ASDP Cabang Merak Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan

Minggu, 03 September 2017 – 04:21 WIB
Arus Balik, Seperti ini Skenario ASDP Cabang Merak Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan - JPNN.COM

Pelabuhan Merak. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, MERAK - General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan langkah antisipasi kepadatan di pelabuhan saat libur IdulAdha.

“Untuk menghindari stuck di pelabuhan, kami antisipasi dengan menambah jumlah loket penumpang pejalan kaki dari 8 (reguler) menjadi 12 loket," ujar Fahmi.

Untuk kapal, lanjut Faik dari total 52 unit yang standbye di Merak, untuk skenario padat pihaknya akan operasikan 28 kapal per hari.

"Dan kalau sangat padat akan dioperasikan 30 kapal, dibandingkan jumlah 26 kapal yang beroperasi di hari biasa (reguler). Untuk pola sangat padat, sudah kami asumsikan dengan lima dermaga yang ada di Merak, akan disandarkan maksimal 6 kapal di setiap dermaga,” tutur Fahmi.

Diperkirakan, jumlah penumpang pejalan kaki mulai H-2 atau Rabu (30/8) hingga H+2 atau Minggu (3/9) mencapai 37 ribu orang atau naik sekira 5,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 35 ribu orang.

Sama seperti saat mudik Idul Fitri lalu, Cabang Merak akan kembali menerapkan layanan klaster khusus sepeda motor, yang direncanakan akan dilayani di dermaga IV Merak.

Dengan begitu tidak akan tercampur dengan pengguna jasa lainnya.

"Namun ini situasional, jika arus sepeda motor landai, maka dimungkinkan di dermaga tersebut bisa melayani kendaraan lainnya," tandas Fahmi.(chi/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini