3 Tips Kunci Sukses Jadi Pengusaha dari Sandiaga Uno

3 Tips Kunci Sukses Jadi Pengusaha dari Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno. Foto : Diskominfo Kota Palembang

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, berkunjung ke Kota Palembang dalam rangka menghadiri acara Sarasehan Pelaku Ekraf Kota Palembang, Rabu (14/9). 

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menceritakan jatuh bangunnya saat dia memulai usaha.

“Dulu sebelum seperti sekarang, saya pernah kehilangan penghasilan saat bekerja. Terus habis itu turun peringkat dari karyawan menjadi seorang pengangguran,”ungkap Sandi di Rumah Dinas Walikota Palembang.

Setelah kehilangan pekerjaan tersebut, dirinya tidak menyerah, dia lantas memulai usaha pada usia 28 tahun dan hanya ada 3 karyawan.

“Alhamdulillah dari 25 tahun lalu saya memulai usaha, awalnya saya hanya memiliki tiga karyawan saja dalam usaha saya. Saat awal usaha saya menggunakan pola ekonomi kreatif, karena itulah usaha saya bisa membuka lapangan pekerjaan, hingga  saat ini bisa mempekerjakan 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sandi juga memberikan beberapa tips untuk mencapai sukses dalam usaha.

“Kalau mau sukses? Pertama harus Inovatif, adaktif, dan kolaboratif. Kedua harus berani mengambil resiko, ketiga jalin relasi dan networking. Ekonomi berbasis silaturahim, karena silaturahim itu memperpanjang umur dan memperluas rejeki,” terangnya.

selain itu lanjut Sandi, di Indonesia sekarang yang sedang menjadi pusat perhatian yakni, 3G.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, memberikan tiga tips kunci agar sukses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News