30 Persen Guru Belum Bersertifikat

30 Persen Guru Belum Bersertifikat
30 Persen Guru Belum Bersertifikat

jpnn.com - TANGERANG – Sebanyak 3.478 orang guru di wilayah Kabupaten Tangerang hingga kini belum memiliki sertifikat resmi sebagai tenaga pendidik, baik di sekolah negeri maupun swasta. Dinas Pendidikan setempat sedang melakukan program peningkatan sumber daya guru dengan menggandeng universitas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Zainuddin menjelaskan jumlah guru yang belum bersertifikat itu 30 persen dari total jumlah guru yang ada.

Jumlah guru di Kabupaten Tangerang sendiri sebanyak 12.000 orang. Para tenaga pengajar yang belum bersertifikat mayoritas guru TK dan guru SD.

"Salah satu yang membuat mereka belum bersertifikat karena jenjang pendidikan minimal Strata 1 (S1) belum terpenuhi," terang Zainuddin.

Menurut Zainuddin, sertifikasi sangatlah penting bagi para tenaga pengajar. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas dalam mendidik yang berimplikasi pada mutu sekolah.

Sisi lainnya, tenaga pengajar mendapat kesejahteraan yang lebih baik karena ada tunjangan yang diterima oleh para guru bersetifikasi.

Berdasarkan data, guru SD, SMP, dan SMA yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang yang sudah bersertifikat berjumlah 9.295 orang.

Mereka terdiri dari PNS sebanyak 5.817 orang dan non PNS sebanyak 3.478 orang. Sedangkan yang belum bersertifikat ada sebanyak 3.489.

TANGERANG – Sebanyak 3.478 orang guru di wilayah Kabupaten Tangerang hingga kini belum memiliki sertifikat resmi sebagai tenaga pendidik, baik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News