30 Persen Instansi Pemerintah Laksanakan Seleksi Terbuka JPT

30 Persen Instansi Pemerintah Laksanakan Seleksi Terbuka JPT
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Penataan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan melalui beberapa langkah.

Antara lain talent management, sertifikasi kompetensi kepemimpinan, seleksi terbuka JPT, hingga penataan ASN.

Saat ini, tercatat sudah ada 192 instansi atau 30,82 persen yang mengimplementasikan seleksi terbuka JPT.

Per April 2016 sudah ada 63 instansi (77,78 persen) dari 81 Kementerian dan Lembaga yang melaksanakan dan melaporkan Seleksi Terbuka JPT.

Sedangkan di instansi daerah, sudah ada 129 (23,80 persen) dari 542 Pemda yang sudah melaksanakan dan melaporkan seleksi terbuka JPT.

Salah satu payung hukum kebijakan penataan ASN, khususnya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Manajemen PNS, saat ini sudah hampir selesai. “Status saat ini dalma proses melengkapi paraf koordinasi Kementerian Keuangan, an selanjutnya menunggu paraf dri Menko Polhukkam dan Presiden,” ujar Menteri PANRB Asman Abnur dalam Raker dengan Komisi II DPR, Selasa (11/10).

Lebih lanjut dijelaskan, sertifikasi kompetensi pemimpinan bidang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama merupakan pembuktian terpenuhinya kompetensi calon pejabat. 

Sistem sertifikasi ini ditujukan untuk ASN yang akan menduduki JPT Pratama dan ASN yang sudah menduduki JPT Pratama tapi belum mengikuti sertifikasi.

JAKARTA – Penataan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dilakukan melalui beberapa langkah. Antara lain talent management, sertifikasi kompetensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News