300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes Usap, Begini Hasilnya

300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes Usap, Begini Hasilnya
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Foto: ANTARA/Fianda Rassat

jpnn.com, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pagi tadi dilakukan swab test terhadap 300 tahanan. Hasilnya, semua tahanan dilaporkan negatif covid-19.

Tahanan-tahanan tersebut merupakan tahanan dari kejaksaan yang sudah tahap dua.

Ketiga ratus tahanan itu melakukan swab test sebagai persyaratan bebas Covid-19 sebelum dipindahkan ke lembaga permasyarakatan (Lapas).

Adapun secara terpadu pihak Polda Metro Jaya, bersama Dinas Kesehatan Kementerian Hukum dan HAM, Dinas Kesehatan Kejaksaan Negeri dan Dinas Kesehatan Kejaksaan Negeri melakukan swab test kepada 300 tahanan itu.

"Sesuai persyaratan setiap tahanan yang masuk ke LP itu harus bebas dari covid-19. Sehingga secara terpadu kita bersama-sama dari Dinkes Kemenkumham, Dinkes Kejaksaan Tinggi melakukan swab terhadap 300 tahanan yang akan kami pindahkan ke lembaga permasyarakatan. Dari 300 ini sudah kami lakukan swab dan semuanya negatif," ungkap Yusri kepada wartawan, Senin (28/9).

Lebih jauh, Mantan Akpol 1991 itu mengatakan rencananya, pihaknya akan melimpahkan tahanan-tahanan yang sudah tahap dua ke lembaga permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM pada (1/10) mendatang.

"Jadi tahanan-tahanan yang sudah tahap dua akan kami limpahkan ke lembaga permasyarakatan dalam hal ini KumHAM," kata Yusri.

Mantan Kapolres Tanjungpinang tersebut mengatakan ketentuan sebenarnya setiap tahanan sudah masuk tahap kedua digeser seharusnya dipindahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Namun, karena Covid-19 ditipkan ke Polda Metro Jaya.

BACA JUGA: Bripka Rajin Terkapar Diterjang Peluru Saat Pengamanan Jalinsum dari Pelaku Pungli

"Jadi sidang berlangsung pun harus dititipkan di sini. Tetapi secara serempak kami bersama-sama semua dari jajaran yang sudah tahap dua baik yang dilimpahkan ke kejaksaan maupun yang masih dalam kondisi sidang dan putusan itu untuk kami lakukan bersama-sama untuk swab," pungkas Yusri.(mcr3/jpnn)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkapkan pihaknya telah melakukan swab test kepada 300 tahanan sebagai syarat untuk dipindahkan ke lembaga permasyarakatan


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News