300.776 Peserta SKB CPNS 2019 Sudah Daftar Ulang, 55 Orang Pilih Lokasi Luar Negeri

300.776 Peserta SKB CPNS 2019 Sudah Daftar Ulang, 55 Orang Pilih Lokasi Luar Negeri
Peserta melihat hasil tes SKB CPNS. Foto ilustrasi: Adiansyah/Batam Pos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 55 peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 akan mengikuti ujian di luar negeri. Mereka tersebar di Jepang, Malaysia, Singapura, Cina, Lebanon, Australia, Turkey, Singapura, Korea Selatan, Arab Saudi, Brunei Darussalam, dan Belanda.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan, sampai 5 Agustus, sebanyak 300.776 pelamar yang sudah memilih lokasi tes. Mereka memilih lokasi di dalam maupun luar negeri.

"Ada 55 pelamar yang kebetulan berada di luar negeri dan akan ikut SKB sesuai negara di mana mereka berada sekarang," kata Suharmen dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8).

Dia menyebutkan peserta yang harus ikut ujian SKB sebanyak 336.468 orang. Dari jumlah itu ada beberapa formasi yang tidak perlu memilih lokasi ujian SKB seperti penjaga tahanan.

Suharmen menjelaskan ada dua mekanisme tes di luar negeri. Pertama, tesnya di Kedutaan. BKN sudah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan dalam memfasilitasi peserta SKB.

Kedua, tes SKB online sehingga peserta bisa mengikuti di mana saja. Untuk mencegah kecurangan dalam SKB online, peserta harus mengaktifkan kamera zoom-nya sehingga bisa dipantau pergerakannya.

"Prinsipnya peserta wajib ikut SKB karena nilainya 60 persen. Hasil tesnya bisa dilihat secara live di kanal YouTube BKN," tuturnya.

Dia pun mengimbau peserta SKB CPNS 2019 untuk segera daftar ulang mengingat waktunya tinggal 2 hari lagi. (esy/jpnn)

Peserta SKB CPNS 2019 yang sudah pilih lokasi sebanyak 300 ribu lebih 55 di antaranya pilih ujian di luar negeri


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News