32 Perwira Secapa AD Mendonorkan Plasma Darah

32 Perwira Secapa AD Mendonorkan Plasma Darah
Ilustrasi petugas laborat menunjukkan proses pemilahan plasma darah. Foto: Destyan Sujarwoko/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa terus mendorong agar para perwira Secapa AD yang sempat positif COVID-19 dan telah sembuh untuk mendonor plasma darah.

Terbaru, ada 32 perwira yang melakukan kegiatan donor plasma darah di RSPAD Garot Soebroto, Jakarta Pusat. ?

“Pendonoran plasma ini dilakukan melalui beberapa gelombang, karena harus melewati beberapa proses Swab dan uji klinis hingga dapat mendonorkan plasmanya di RSPAD,” ujar Jenderal TNI Andika Perkasa dalam keterangannya, Selasa (8/9).

Menurut Andika, kegiatan donor plasma darah ini dilakukan untuk mengurangi peningkatan pasien COVID-19.

"Dengan mengikuti prosedur untuk para perwira yang sudah dinyatakan negatif dua kali hingga dapat mendonorkan darahnya, semoga dapat memenuhi ketersediaan plasma convalescent untuk terapi para pasien COVID-19,” imbuh Andika.

Sementara diketahui, dari ke-32 perwira yang melakukan donor plasma di RSPAD, salah satunya merupakan prajurit yang sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Dustira, Cimahi, Jawa Barat.?
?
"Pertama dinyatakan positif, saya ke Rumah Sakit Dustira dan swab di sana, setelah dua hari dirawat, saya dikembalikan ke Secapa AD untuk isolasi setelah beberapa kali swab dan dinyatakan negatif dua kali,” ujar Letda Inf Abraham.?
?
Para perwira yang berada di Pusdikif, Cipatat dan sudah dinyatakan pulih serta sudah diuji klinis sampel darahnya akan dilanjutkan ke RSPAD Gatot Soebroto.?
?
"Tidak seluruhnya perwira bisa mendonorkan plasma darah ini, kami yang sudah dinyatakan lulus uji klinis dan diperbolehkan untuk mendonor sangat merasa senang dan bangga karena dapat berbagi kepada masyarakat,” tambah dia.
?
Peningkatan proses pengambilan donor plasma serta pemenuhan ketersediaan stok plasma convalescent, sampai saat ini susah terkumpul sebanyak 81 orang pendonor dari mantan Secapa AD.? (cuy/jpnn)

Ada 32 perwira yang melakukan kegiatan donor plasma darah di RSPAD Garot Soebroto sesuai perintah KSAD Jenderal Andika Perkasa.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News