32 SMP Terbuka Unjuk Kemampuan

32 SMP Terbuka Unjuk Kemampuan
32 SMP Terbuka Unjuk Kemampuan
JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menggelar Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) bidang Akademik Siswa SMP Terbuka Tingkat Nasional ke XVI/2011. Kegiatan yang dimulai pada 12 - 16 September 2011 ini diikuti oleh 32 SMP Terbuka dari 32 provinsi di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Direktorat Pendidikan Dasar Kemdiknas, Bambang Indriyanto mengatakan, para peserta akan diujikan 11 mata pelajaran. Yakni matematika, biologi, fisika, pendidikan kewarganegaraan (PKN), pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes), bahasa inggris, bahasa Indonesia, sejarah, geografi, ekonomi, kesenian dan budaya.

"Sebelum mencapai tingkat nasional, para peserta mengikuti babak penyisihan dari tingkat kabupaten dan provinsi. Para pemenang di tingkat provinsi, mewakili di tingkat nasional ini. Para peserta terdiri dari lima anggota, yaitu tiga peserta SMP Terbuka dan dua guru pendamping, " ungkap Bambang ketika ditemui usai acara pembukaan Lomojari di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (12/9).

Bambang menjelaskan, kegiatan ini diharapkan mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa belajar mandiri mampu menampilkan siswa berprestasi secara akademik. Menurutnya, metode belajar mandiri dapat dilakukan baik secara individual maupun kemlompok di tempat kegiatan belajar (TKB) dengan menggunakan modul sebagai sumber utama di bawah asuhan dan melalui tatap muka di sekolah induk di bawah asuhan guru bina.

JAKARTA--Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menggelar Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) bidang Akademik Siswa SMP Terbuka Tingkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News