34 Arca Koleksi Radya Pustaka Solo di Palsu

34 Arca Koleksi Radya Pustaka Solo di Palsu
34 Arca Koleksi Radya Pustaka Solo di Palsu
SOLO - Kasus pencurian dan pemalsuan koleksi Museum Radya Pustaka, Solo, kembali muncul. Kali ini yang lenyap dari ruang penyimpanan adalah benda-benda purbakala terbuat dari perunggu -sebagian besar berbentuk arca.

Kepolisian setempat telah membentuk tim guna menangani kasus tersebut. Kapoltabes Solo Kombespol A. Syukrani mengatakan, penyiapan tim khusus itu tak lepas dari betapa fenomenalnya kasus pencurian arca batu di Radya Pustaka sebelumnya.

''Belajar dari itu, kami kemudian menyiapkan penyidik-penyidik yang intens pada kasus sebelumnya. Ditambah dengan penyidik baru. Leading team-nya adalah unit tipiter (tindak pidana tertentu, Red),'' katanya.

Mengacu hasil inventarisasi 2007 yang dilakukan Balai Pelestari Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Jurusan Arkeologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Keraton Kasunanan Surakarta, dan Pemkot Solo, 24 November-3 Desember 2007, di ruang perunggu (tempat menyimpan benda-benda dari perunggu) itu terdapat 249 koleksi patung berbahan perunggu. Sebanyak 85 di antaranya berbentuk arca. Sisanya berbentuk aneka rupa kriya manusia.

SOLO - Kasus pencurian dan pemalsuan koleksi Museum Radya Pustaka, Solo, kembali muncul. Kali ini yang lenyap dari ruang penyimpanan adalah benda-benda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News