35 Perusahaan Pemenang Tender UPS Tak Terdaftar di Aptek

35 Perusahaan Pemenang Tender UPS Tak Terdaftar di Aptek
35 Perusahaan Pemenang Tender UPS Tak Terdaftar di Aptek

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 35 dari 39 perusahaan pemenang tender 51 paket UPS pada Dinas dan Sudin Pendidikan DKI Jakarta ternyata tidak terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Teknik Mekanikal dan Elektrikal (Aptek).

Data tersebut diungkapkan Koordinator monitoring kebijakan publik Indonesia Corruption Watch (ICW), Febri Hendri. Febri mengatakan, pihaknya sudah mengecek data tersebut.

“Dari 39, hanya 4 perusahaan yang terdaftar di Aptek, 35 lain tidak terdaftar. Ini penting. Jadi PPK harusnya cek lapangan, perusahaan punya track record gak," kata Febri di kantor ICW, Jakarta Selatan, Senin (9/3).

Dari penelusuran ICW yang hingga saat ini masih terus berjalan, ditemukan adanya orang yang sengaja memperjual belikan perusahaan untuk mendapatkan tender-tender proyek di lingkungan Pemprov DKI. Salah satunya di Dinas dan Sudin Pendidikan.

"Ada orang tertentu yang memperjual belikan perusahaan untuk proses tender. Nanti dia dapat fee antara 5-10 persen," tambah Febri.

Febri menambahkan, proses tender sudah dirancang secara sistematis. Ada perusahaan yang diusulkan memang diseting untuk kalah tender, ada pula yang dirancang jadi pemenang.

Contohnya ialah CV Nuswantoro. Dalam setiap pengajuan penawaran tender, CV Nuswantoro selalu menawarkan harga terendah dan pasti kalah. Padahal, penawarannya sama dengan perusahaan lain, yakni PT Aurel Duta Sarana. Dari temuan ini ICW menyimpulkan bahwa proses tender hanya formalitas.

"Bisa disimpulkan di dalam proses tender ada perusahaan yang diusulkan untuk menang dan ada untuk kalah. Jadi sebenarnya proses tender ini sudah dikawal oleh pihak tertentu, sudah ada ijon dan tender hanya formalitas," tegas Febri. (fat/jpnn)


JAKARTA – Sebanyak 35 dari 39 perusahaan pemenang tender 51 paket UPS pada Dinas dan Sudin Pendidikan DKI Jakarta ternyata tidak terdaftar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News