38 Ribu Masker untuk Warga Lereng Gunung Slamet

38 Ribu Masker untuk Warga Lereng Gunung Slamet
38 Ribu Masker untuk Warga Lereng Gunung Slamet

jpnn.com - PURWOKERTO - Sebanyak 38 ribu masker siap dibagikan di tujuh puskesmas di Banyumas. Hal tersebut merupakan salah satu antisipasi naiknya status Gunung Slamet dari waspada menjadi siaga.

"Hari ini 38 ribu masker siap dibagikan untuk masyarakat dengan radius paling dekat dengan Gunung Slamet," jelas Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Banyumas dr istanto Mkes.

Pembagian masker tersebut lewat tujuh puskesmas yang paling dekat dengan Gunung Slamet yakni Puskesmas Baturaden I dan II, Kedungbanteng, Cilongok I, Karanglewas, Sumbang I dan II.

Istanto menambahkan, saat ini Banyumas masih kekurangan masker. Karena proses pengadaan lewat proses lelang hingga saat ini belum mendapatkan hasil. "Lelang itu kan lewat LPSE, jadi kami harus mengikuti prosedur yang ada," terangnya.

Mengatasi hal tersebut, DKK Banyumas mengupayakan untuk meminjam masker di kabupaten lain. "Nanti mencoba meminjam masker dari Cilacap," jelasnya.

Selain meminjam dari kabupaten lain, DKK Banyumas juga berencana untuk meminta bantuan dari rumah sakit yang ada di Banyumas. Setidaknya ada 22 rumah sakit di Banyumas yang siap memberikan pinjaman masker untuk menolong masyarakat di lereng gunung. Ditambah juga dari organisasi profesi yang siap memberikan bantuan masker.

"Dengan bantuan dari rumah sakit dan organisasi profesi, kebutuhan akan masker kemungkinan akan tercukupi," tambahnya.

Meskipun demikian, DKK Banyumas akan tetap melakukan pengadaan masker jika dibutuhkan sewaktu-waktu. "Upaya pengadaan akan tetap kami lakukan sebisa mungkin," ujarnya.

PURWOKERTO - Sebanyak 38 ribu masker siap dibagikan di tujuh puskesmas di Banyumas. Hal tersebut merupakan salah satu antisipasi naiknya status Gunung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News