4 Agrowisata di Garut jadi Percontohan Daerah Lain

4 Agrowisata di Garut jadi Percontohan Daerah Lain
Kawasan agrowisata Eptilu Cikajang, Kabupaten Garut, Sabtu (18/1). Foto: ANTARA/Feri Purnama

jpnn.com, GARUT - Empat agrowisata yang berhasil dikembangkan masyarakat petani di Garut, Jawa Barat, menjadi percontohan daerah lain di Indonesia.

"Wisata pertanian di Garut ini menjadi contoh, dan kami terus mendorong potensi pertanian untuk bisa menjadi potensi agrowisata," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga, Sabtu (18/1).

Ia menyebutkan, empat agrowisata yang telah berhasil dikembangkan oleh petani milenial asal Garut yakni Eptilu yang menyajikan wisata petik langsung jeruk di kebun yang berada di Kecamatan Cikajang. Kemudian tanaman hias di Kecamatan Cigedug.

Agrowisata pembenihan kentang di Kecamatan Cisurupan, dan agrowisata buah naga di Kecamatan Bayongbong yang saat ini keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun tempat belajar bertani bagi kaum milenial.

"Tempat itu menjadi contoh, khususnya dunia pertanian yang saat ini masih menarik sebagai edukasi masyarakat yang berminat belajar pertanian," katanya.

Ia mengungkapkan, upaya mengembangkan agrowisata itu terlebih dahulu menjaga keunggulan jenis produknya seperti halnya jeruk garut, kentang, buah naga atau jenis lainnya agar bisa ditawarkan kepada wisatawan.

"Untuk menjadi wisata pertanian itu kembangkan dulu produknya apa, basis dijualnya apa, baru ke sektor wisata," katanya.

Ia menambahkan, saat ini Dinas Pertanian Garut sedang mengembangkan wisata taman stroberi di Kecamatan Malangbong bekerjasama dengan pengembangan benih dari Jepang.

Masyarakat petani di Garut dapat mengembangkan agrowisata yang menjadi percontohan daerah lain di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News