4 Cara Agar Gula Darah Tetap Stabil

4 Cara Agar Gula Darah Tetap Stabil
Mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Foto: Allodokter

jpnn.com - Banyak orang bertanya-tanya, apakah ada terapi yang bisa menyembuhkan diabetes?

Dokter jarang menyebutkan kata 'sembuh' pada penderita diabetes, karena memang penyakit tersebut tak bisa sembuh. Namun, diabetes bisa 'sembuh', dalam arti kadar gula gula darah stabil dan terkontrol. Inilah yang merupakan tujuan pengobatan diabetes. Dengan demikian penderitanya bebas dari gejala, terhindar dari komplikasi yang berat, dan pada akhirnya dapat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa gangguan penyakit ini.

Supaya gula darah stabil serta penyakit terkontrol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Mengatur pola makan 

Langkah pertama dalam upaya mengontrol penyakit diabetes adalah mengatur pola makan. Anda perlu membatasi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana seperti nasi atau roti putih, dan menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti nasi merah, sayur, gandum, dan sebagainya.

Penderita diabetes juga harus menjaga asupan lemak. Lemak yang harus dikonsumsi adalah lemak tak jenuh yang berasal dari ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun.

2. Rutin berolahraga

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Penderita diabetes yang rutin berolahraga akan membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga mengurangi kejadian komplikasi. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga aerobik seperti berenang, jalan kaki, atau bersepeda, serta dilakukan sebanyak lima kali seminggu selama 30 menit tiap sesinya (total 150 menit per minggu).

Penderita penyakit gula dapat merasakan hidup yang bebas dari gejala, serta terhindar dari komplikasi, dan penderita diabetes bisa menjalani aktivitas tanpa gangguan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News