4 Cara Aman dan Sehat Memutihkan Kulit

4 Cara Aman dan Sehat Memutihkan Kulit
Melembabkan wajah. Foto: cremitas

jpnn.com - Setiap orang terlahir dengan jenis dan warna kulit yang berbeda, yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang, hingga hitam.

Semua warna tersebut ditentukan oleh sel melanin. Setiap warna kulit pada manusia pada dasarnya ditentukan oleh lima hal, yaitu:

Oksihemoglobin yang berwarna merah Hemoglobin tereduksi yang berwarna kebiruan Melanin yang berwarna cokelat Keratohialin Lapisan stratum korneum yang memiliki warna putih kekuningan atau keabu-abuan

Dari kelima bahan pembangun kulit tersebut, yang paling menentukan warna kulit adalah pigmen melanin. Semakin banyak pigmen melaninnya, maka akan semakin gelap warna kulitnya.

Banyaknya pigmen melanin di dalam kulit ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu ras, individu, dan lingkungan. kekuatan paparan sinar matahari yang berbanding lurus dengan warna kulit penduduk (semakin kuat, semakin gelap warna kulitnya). Warna kulit yang sejatinya secara genetik tidak terlalu gelap pun bisa berubah karena paparan sinar matahari setiap hari.

Cara memutihkan kulit yang banyak dilakukan

Untuk mendapatkan kulit putih, banyak orang yang rela melakukan banyak cara. Beberapa di antaranya adalah:

Suntik vitamin C dosis tinggi. Vitamin C memang dapat memutihkan kulit dengan menghambat produksi melanin, sehingga kulit akan menjadi lebih putih. Namun, vitamin C dosis tinggi akan membuat ginjal Anda bekerja lebih berat.Gluthatione (GHS) dosis tinggi. Sama halnya dengan vitamin C, gluthationedapat bermanfaat sebagai antioksidan dan menghambat melanin, sehingga kulit dapat menjadi lebih putih.

Setiap warna kulit pada manusia pada dasarnya ditentukan oleh lima hal. Semua warna tersebut ditentukan oleh sel melanin.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News