4 Cara Terhindar dari Penipuan Mengatasnamakan Pegadaian

4 Cara Terhindar dari Penipuan Mengatasnamakan Pegadaian
Ilustrasi. Foto (grafis): source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris PT Pegadaian Yudi Sadono mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap informasi terkait lelang online atau tebus murah ragam jenis barang elektronik di Instagram yang mengatasnamakan PT Pegadaian.

Yudi mengatakan Pegadaian sampai saat ini tidak pernah melakukan lelang ataupun menawarkan program tebus murah barang kepada masyarakat secara online.

“Pegadaian selalu melakukan lelang barang jaminan jatuh tempo secara offline di kantor cabang Pegadaian, bazar maupun pameran. Jadi, masyarakat bisa melihat langsung kondisi fisik barang yang akan dibeli, jika berminat dan cocok, maka dapat langsung menyepakati harga, untuk selanjutnya melakukan pembayaran,” tutur Yudi.

Saat ini banyak beredar akun di media sosial yang menawarkan berbagai barang seperti emas dan barang elektronik lainnya dengan harga murah atau di bawah pasar.

Tak sedikit akun yang mengatasnamakan Pegadaian agar menarik perhatian.

Yudi pun membagikan tip agar terhindar dari penipuan:

  1. Masyarakat diminta datang langsung ke outlet Pegadaian terdekat untuk mendapatkan informasi lelang.
  2. Masyarakat diminta untuk cermat dan tidak mudah percaya dengan barang yang dijual di bawah harga pasar secara online.
  3. Apabila mendapatkan informasi mengenai lelang online maupun tebus murah barang yang mengatasnamakan Pegadaian, masyarakat dapat langsung melakukan konfirmasi melalui Call Center Pegadaian di nomor: 1500-569, Whatsapp: 0811 1500 569.
  4. Masyarakat diminta agar tidak mentransfer uang ke rekening yang tidak dikenal.

“Pegadaian meminta agar masyarakat lebih waspada untuk tidak mudah tergiur dengan harga murah, jika tidak ingin terjerat modus penipuan,” kata Yudi. (*/jpnn)

Sekretaris perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap upaya penipuan.


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News