4 Hal ini Perlu Dilakukan Terkait Pembangunan KA Semi Cepat

4 Hal ini Perlu Dilakukan Terkait Pembangunan KA Semi Cepat
Ilustrasi kereta api. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut ada empat hal yang harus dilakukan terkait pembangunan Kereta Api semi cepat Jakarta-Surabaya.

Keempatnya yaitu penyelesaian perlintasan sebidang, elektrifikasi, mengurangi tikungan dan tebing.

“Dengan elektrifikasi banyak keuntungan yang kita dapat, industri nasional akan tumbuh, biaya maintenance-nya akan lebih murah, serta eco friendly,” ucap Budi dalam siaran persnya, Minggu (8/10).

Terkait target penyelesaian, mantan dirut AP II ini meyakini Kereta Api semi cepat Jakarta-Semarang bisa diselesaikan pada 2019.

“Bayangan saya Jakarta-Semarang bisa diselesaikan pada 2019, pasti bisa, baru Semarang-Surabaya katakanlah kami butuh dua tahun lagi jadi total empat tahun kami konsentrasi karena Jakarta-Semarang itu kalau Lebaran masalah paling banyak di Jakarta-Semarang, kalau beralih ke situ kan luar biasa,” kata Budi

Dia menginginkan waktu tempuh Jakarta-Surabaya bisa dilewati dalam lima jam dengan kecepatan 140 kilometer/jam.

"Ada target yang memang sangat beralasan, kami ingin sekali Jakarta-Surabaya itu ditempuh dalam lima jam, artinya kapasitasnya langsung naik dua kali lipat, jadi 24 jam itu berangkat dan kembali dua kali," tutur dia.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan mengatakan ada target yang sangat beralasan terkait pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News