4 Hal Penting untuk Bangkitkan Sektor Pertanian

4 Hal Penting untuk Bangkitkan Sektor Pertanian
Petani panen di sawah. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyoroti rendahnya kesejahteraan petani yang akan berimplikasi terhadap banyak hal.

Salah satunya krisis regenerasi petani. Padahal, dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan mengalami bonus demografi.

Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, sudah saatnya untuk mempersiapkan sumber daya dalam pembangunan petani.

"Isu yang penting untuk diperhatikan terkait kondisi pertanian Indonesia saat ini untuk ke depannya yaitu SDM, pengembangan kawasan perdesaan, lahan, kemudian reforma agraria" ujar Moeldoko di kantor DPN HKTI, Jalan Cokroaminoto 55-57, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Mantan panglima TNI ini menambahkan, untuk menuju kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, lahan merupakan hal yang paling mendasar.

Ada empat hal yang dibahas berkaitan dengan lahan. Yaitu tata kuasa, tata kelola, tata niaga dan distribusi, serta tata produksi.

"Banyak program untuk pengentasan kemiskinan, kedaulatan. Sebenarnya kalau ditarik semua kaitannya dengan reforma agraria dan tanah. Lahan pertanian yang dikonversi peruntukannya ke hal lain salah satunya," ujar Moeldoko.

Moeldoko mendorong konsolidasi lahan pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani di dalam negeri.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyoroti rendahnya kesejahteraan petani yang akan berimplikasi terhadap banyak hal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News