Beli Jagung Petani, Japfa Gandeng HKTI

Beli Jagung Petani, Japfa Gandeng HKTI
Petani menjemur jagung. Ilustrasi Foto: Andi/Gorontalo Post/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menjalin kerja sama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia untuk membeli jagung petani.

Ketua Umum HKTI Moeldoko mengatakan, kualitas jagung petani yang diserap Japfa akan sesuai standar pabrik pakan.

Dengan kerja sama ini, industri pakan ternak mendapat kepastian pasokan bahan baku pakan. Para petani juga mendapat kepastian pasar.

”Dengan kerja sama ini, Japfa akan serius mendukung pengembangan budi daya jagung. Harga akan disesuaikan dengan harga saat penyerahan barang. Harga yang ditetapkan mengacu pada harga jagung pasaran dalam negeri,” kata Moeldoko, Senin (8/1). 

Kerja sama ini diharapkan menjadi model dan dikembangkan untuk memacu peningkatan produksi jagung nasional. 

"Petani jagung akan lebih semangat lagi menanam jagung karena ada kepastian pasar dan kepastian harga. Industri pakan ternak tidak perlu membayar L/C untuk impor jagung," tutur Moeldoko. 

Sementara itu, Senior Vice President PT Japfa Comfeed Indonesia Budiarto Soebijanto mengatakan, langkah selanjutnya adalah kontrak pembelian jagung. Petani di bawah binaan HKTI di masing-masing daerah diharapkan memasok sepuluh ribu ton jagung per bulan. 

"Sehingga setiap bulan kami mendapatkan kepastian pasokan jagung dari petani yang terbeli dan jagung petani sudah mendapatkan kepastian pasar. Industri pakan setiap tahun membutuhkan 8,5 juta ton jagung," ujarnya. 

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menjalin kerja sama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia untuk membeli jagung petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News