4 Karakter Nabi Muhammad yang Dapat Membuat Bangsa Indonesia Unggul

4 Karakter Nabi Muhammad yang Dapat Membuat Bangsa Indonesia Unggul
Ketua DPD LaNyalla Mattalitti di Masjid Agung Al Amjad. Foto: Tim DPD RI

jpnn.com - TANGERANG - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti meyakini Indonesia akan menjadi bangsa yang unggul dan jadi panutan jika mengamalkan empat dari sekian banyak karakter Nabi Muhammad.

LaNyalla mengungkap hal itu saat tablig akbar maulid yang diselenggarakan Keluarga Besar Alumni Ponpes Al Fatah Temboro dan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Tangerang di Masjid Al Amjad, Kabupaten Tangerang, Minggu (20/11).

Karakter Nabi Muhammad yang dimaksud LaNyalla, yakni siddiq, yang artinya sesuai antara perkataan dan perbuatan, amanah yang berarti dapat dipercaya, tabligh artinya mampu menyampaikan kebaikan, serta fathonah yang artinya cerdas.

"Jika empat hal itu dapat diteladani dan diamalkan, insyaallah bangsa ini akan menjadi bangsa panutan sekaligus menjadi bangsa adidaya. Apalagi jika kualitas tersebut dilakukan oleh para pejabat dan pemegang kekuasaan negara," tutur LaNyalla.

Bangsa Indonesia juga akan makin besar karena masih ada para penjaga moral serta pengingat, yaitu para ulama.

"Makanya tak hanya maulid, acara haul ulama penting. Cara tersebut selain sebagai pengingat dan pemberi inspirasi, sekaligus pelecut generasi penerus," katanya.

Peran para ulama di negeri ini bukan saja sebagai penjaga moral. Jauh sebelum Indonesia merdeka, para ulama telah memberi kontribusi yang besar melalui kehadiran pondok-pondok pesantren sebagai entitas masyarakat madani, yang melahirkan generasi terdidik yang berakhlak.

"Kalau melihat sejarah awal kemerdekaan Indonesia, peran resolusi jihad yang dikeluarkan rois akbar NU saat itu, Hadratus Syeikh Kiai Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, yang kemudian memicu lahirnya peristiwa 10 November 1945, yang dikenal dengan Hari Pahlawan, jelas sangat berarti bagi bangsa ini," ujar LaNyalla.

LaNyalla mengungkap soal karakter Nabi Muhammad itu saat tablig akbar di Masjid Al Amjad, Kabupaten Tangerang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News