JPNN.com

4 Kebiasaan ini Bisa Bikin Panjang Umur

Sabtu, 25 Mei 2019 – 22:51 WIB 4 Kebiasaan ini Bisa Bikin Panjang Umur - JPNN.com

jpnn.com - Ada banyak orang ingin pajang umur, karena lama hidup seseorang itu misteri. Tidak ada satu pun manusia yang tahu persis kapan hidupnya akan berakhir.

Ada banyak faktor yang bisa menurunkan angka harapan hidup seseorang, mulai dari penyakit yang sedang dialami, faktor genetik, lingkungan, gaya hidup, hingga kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Jika Anda ingin panjang umur, mulai biasakalah dari sekarang untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Hindari makan berlebihan

Ada pendapat yang telah lama dipercaya di tengah masyarakat mengatakan, “Berhentilah makan sebelum kenyang”. Faktanya, pendapat tersebut memang ada benarnya.

Menurut studi eksperimental pada hewan yang dipublikasikan di jurnal Science, disebutkan bahwa pengurangan sebesar 10-15 persen dari asupan kalori normal bisa meningkatkan harapan hidup. Selain itu, pembatasan kalori juga dapat menurunkan berat badan dan mencegah perut buncit, sehingga risiko penyakit seperti diabetes mellitus, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung juga menurun.

2. Perbanyak asupan buah dan sayur

Berdasarkan studi dari the British Journal of Nutrition, disebutkan bahwa menjalani pola makan yang kaya akan buah dan sayur dapat menurunkan risiko kematian dini, menurunkan risiko kanker, sindroma metabolik, penyakit jantung, depresi, dan penyakit degeneratif di otak. Bahkan, manfaat ini bisa berkali lipat pada seseorang yang menjalani diet vegetarian.

Berdasarkan penelitian yang dilansir Harvard University di Amerika Serikat, dilaporkan bahwa 25 persen responden yang menjalani pola diet vegetarian mengalami penurunan risiko kematian karena penyakit jantung. Ketika Anda menjalani pola diet vegetarian yang tinggi akan anti oksidan, Anda akan berhenti mengonsumsi daging merah. Faktor risiko terkena kanker kolon atau kanker usus besar pun akan menurun.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...