JPNN.com

4 Kiat Agar Tak Mudah Sakit Selama Musim Hujan

Senin, 06 Januari 2020 – 10:10 WIB 4 Kiat Agar Tak Mudah Sakit Selama Musim Hujan - JPNN.com
Banjir. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Perubahan cuaca belakangan ini praktis memengaruhi kekuatan fisik, sampai-sampai harus konsumsi suplemen saat musim hujan.

Memang harus diakui bahwa datangnya musim hujan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari diare hingga demam berdarah. Karena itu, tak sedikit orang yang langsung bergantung pada suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah, apakah konsumsi suplemen benar-benar diperlukan pada musim hujan?

Selain konsumsi suplemen, beberapa hal berikut dapat Anda lakukan agar bebas dari penyakit saat musim hujan.

  1. Cukup minum. Pastikan Anda selalu minum 1,5-2 liter air setiap harinya agar kebutuhan cairan Anda senantiasa terpenuhi.
  2. Istirahat cukup. Selama tidur, sel-sel dalam tubuh akan mengalami regenerasi. Ini akan membantu Anda tetap sehat dan bugar. Karena itu, usahakan agar Anda selalu cukup tidur yakni 6-8 jam per hari.
  3. Cuci tangan. Hal ini mungkin tampak sederhana, tetapi sangat penting. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa cuci tangan dengan sabun di air mengalir dapat mencegah berbagai penyakit infeksi.
  4. Tetap aktif. Saat musim hujan memang lebih nyaman berada di dalam rumah berdiam diri. Namun, Anda tetap perlu bergerak aktif agar tubuh lebih bugar. Lakukanlah olahraga ringan, seperti berjalan, lari, bersepeda, setidaknya 3-5 kali per minggu.

Tangkis berbagai penyakit saat musim hujan dengan melakukan berbagai kiat di atas. Mengonsumsi suplemen juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Tapi, diskusikan dulu dengan dokter apakah Anda memang benar-benar membutuhkannya.(RS/RVS/RPA/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...