JPNN.com

4 Kiat Bertahan di Tengah Arus Deras Saat Banjir

Minggu, 12 Januari 2020 – 08:13 WIB 4 Kiat Bertahan di Tengah Arus Deras Saat Banjir - JPNN.com
Warga saat melintasi banjir yang merendam di Raya Pondok Cabe, Tangsel, Rabu (1/1). Banjir tersebut memutus akses jalan Raya Pondok Cabe. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Saat musim hujan datang, Anda harus ekstra untuk menjaga kesehatan supaya tidak jatuh sakit. Pasalnya, potensi banjir diprediksi masih akan terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

Karena itu, tak ada salahnya jika Anda mengetahui cara bertahan dalam arus banjir yang deras.

Terlebih, sudah banyak kejadian adanya korban yang terseret arus banjir dan akhirnya tenggelam karena panik.

Dan tidak dapat berenang menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup sering terjadi. Ingin berdiam diri di tempat karena takut pun tidak memungkinkan karena proses evakuasi harus dilanjutkan. 

Seperti yang dilansir dari laman Chilliwack Search and Rescue, ada beberapa tips yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk bertahan dalam arus banjir yang deras. 

1. Melihat seberapa deras air banjir

Sebelum Anda memutuskan untuk menyeberang arus banjir, sebaiknya lihat dahulu seberapa deras air banjir. Sebagai salah satu cara bertahan dalam arus banjir yang deras, memperkirakan kekuatan air ternyata cukup penting. 

Cobalah melempar benda-benda yang ringan ke tengah arus untuk memberikan gambaran. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa memperkirakan kecepatan arus bawah. Selain itu, permukaan air yang bergerak lambat bukan berarti aman untuk dilewati. 

Sumber HelloSehat

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...