4 Kiat Mudah Saat Hadapi Stres

4 Kiat Mudah Saat Hadapi Stres
Stres. Ilustrasi.

jpnn.com - Keluar dari zona nyaman, terkadang bisa menyebabkan stres. Apalagi jika Anda tipe orang yang agak sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru. Alhasil, tantangan yang tidak terlalu sulit pun berubah menjadi beban yang menekan pikiran dan perasaan.

Namun sebenarnya, kalau Anda perhatikan lagi, mungkin tantangan yang Anda jadikan beban itu tidak sesulit yang Anda kira, lho. Sebab, pikiran yang rumitlah yang membuat permasalahan terlihat lebih runyam.

Nah, agar Anda menjadi pribadi yang pro terhadap stres, ikutilah tips berikut ini.

1.Tak perlu panik menghadapi tekanan

Pada dasarnya, Anda tidak akan bisa mengontrol apa pun yang datang kepada Anda. Tetapi, Anda bisa memilih respons apa yang diberikan kepada permasalahan itu. Sebagai contoh, jika Anda langsung otomatis sebal saat diberi tugas berat atau diberi masukan, kondisi psikis Anda pun akan langsung jatuh.

Sebaliknya, jika Anda merespons segala permasalahan sebagai tantangan, maka kondisi psikis Anda berubah menjadi menjadi on fire dan hasilnya pun pasti akan baik. Bersikaplah senetral mungkin saat mendapat tekanan berat. Sebab, jika Anda bersikap biasa saja (tidak cemas berlebihan), pikiran yang objektif justru akan mempercepat proses penyelesaian masalah.

2.Pahami sudut pandang lain orang lain

Sering kali Anda menilai buruk tindakan seseorang tanpa berpikir panjang. Padahal, jika Anda berpikiran terbuka dan mau mengerti sudut pandang mereka, dijamin Anda tidak akan sampai sebenci dan se-stres itu. 

Tantangan yang tidak terlalu sulit pun berubah menjadi beban yang menekan pikiran dan perasaan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News