Selasa, 20 November 2018 – 13:03 WIB

4 Manfaat Kunyit untuk Wanita yang Sedang Datang Bulan

Jumat, 06 April 2018 – 04:16 WIB
4 Manfaat Kunyit untuk Wanita yang Sedang Datang Bulan - JPNN.COM

Kunyit. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Kunyit, kunir, atau nama latinnya Curcuma longa, adalah salah satu jenis rempah yang populer di Benua Asia.

Orang-orang memanfaatkannya untuk berbagai macam hal, termasuk untuk bumbu masakan dan pengobatan herbal, salah satunya mengatasi masalah haid.

Penyebaran kunyit dimulai dari kawasan India, lalu ke Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, kemudian sampai Australia, bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia, India, serta bangsa Asia pernah mengonsumsi tanaman ini, baik dalam makanan ataupun sebagai bagian dari pengobatan.

Khasiat kunyit terbukti relevan untuk segala macam kondisi, mulai dari kesehatan organ pencernaan, daya tahan tubuh, hingga organ intim. Hal itu turut disampaikan oleh dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

“Ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Nitish menjelaskan bahwa berbagai uji klinis telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit mag, seperti nyeri perut, mual, muntah, dan kembung. Ditambah lagi, banyak sekali penelitian yang melaporkan bahwa bubuk kunyit serta kurkuma menunjukkan manfaat yang baik.

Sejauh ini, tidak ada efek samping bermakna yang diamati pada penggunaan kunyit.

Berbicara tentang kunyit, dari sekian banyak kasus, dia juga berperan dalam membantu wanita melewati proses menstruasi. Siklus haid yang datang pada waktunya, terkadang menyiksa di awal meski akhirnya reda. Lantas, bagaimana kunyit berperan dalam melancarkan haid?

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar