JPNN.com

4 Olahraga ini Tepat untuk Penderita Asam Urat

Selasa, 02 April 2019 – 10:54 WIB 4 Olahraga ini Tepat untuk Penderita Asam Urat - JPNN.com

jpnn.com - Nyeri sendi yang muncul pada penyakit asam urat, atau secara medis disebut dengan gout artritis, tentu dapat mengganggu aktivitas harian. Apalagi jika memaksakan sendi untuk digerakkan, nyeri bisa bertambah berat.

Akhirnya, olahraga menjadi aktivitas terakhir yang dipedulikan orang-orang dengan asam urat. Padahal, meski punya asam urat, olahraga tetap penting. Terdapat beberapa pilihan olahraga yang direkomendasikan untuk penderita asam urat.

Berolahraga atau aktif secara fisik penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita asam urat. Olahraga yang tepat bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit asam urat serta mengurangi nyeri sendi.

Nyeri dan kekakuan sendi yang mengganggu memang sering kali membatasi pergerakkan seseorang, apalagi saat berolahraga. Namun, jika tidak berolahraga sama sekali, sendi justru akan semakin kaku, otot akan menjadi lemah, sehingga nyeri bisa bertambah hebat dan kekakuan sendi juga dirasakan makin berat.

Pilihan olahraga yang dianjurkan untuk penderita asam urat

Berolahraga secara teratur dapat menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi. Selain itu, berolahraga rutin juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, kekuatan otot, sirkulasi darah, dan mempercepat penyembuhan. Beberapa jenis olahraga ini bisa menjadi pilihan Anda jika menderita asam urat:

1. Aerobik low impact

Olahraga aerobik low impact atau intensitas rendah dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah. Jika Anda punya masalah asam urat, olahraga aerobik intensitas rendah seperti berjalan kaki, naik tangga, atau berdansa bisa menjadi pilihan.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...