4 Pemicu Krisis Dunia Makin Jelas, DPP LDII Ingatkan Hal Ini

4 Pemicu Krisis Dunia Makin Jelas, DPP LDII Ingatkan Hal Ini
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Chriswanto Santoso bersama Anggota DPR RI Komisi IX Saniatul Lativa, dan Anggota Komisi VI DPR RI Singgih Januratmoko. Foto: Humas

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Chriswanto Santoso mengatakan pemicu krisis dunia makin jelas.

Menurutnya, resesi ekonomi dunia dipicu empat masalah, di antaranya tingginya harga energi seperti minyak dan gas bumi (migas) serta melonjaknya harga pangan.

Suhu ekstrem di beberapa negara memicu kekeringan, sementara kemajuan teknologi mendorong negara maju mencari sumber-sumber logam langka.

“Kita semua sedang melihat imbas rebutan energi, pangan, air, dan logam langka. Dunia kini terjerumus resesi, yang diperparah dengan perang di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina,” ujar Chriswanto di Kantor DPP LDII, Jumat (22/7).

Chriswanto mengingatkan agar bangsa Indonesia segera bertindak sebelum krisis tersebut memuncak dan merugikan negara.

"Imbasnya masyarakat yang terdampak dan ini bukan hanya tugas negara,” ungkapnya.

Menurutnya, posisi Indonesia di garis khatulistiwa memungkinkan energi panas bumi dan matahari dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai pengganti minyak bumi.

Ada 40 persen kandungan panas bumi dunia ada di Indonesia sedangkan sinar matahari yang melimpah bisa dijadikan listrik.

Ketua DPP LDII Chriswanto Santoso mengatakan pemicu krisis dunia makin jelas. Lalu, ingatkan hal ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News