4 Penyakit Ini Picu Infeksi Paru

4 Penyakit Ini Picu Infeksi Paru
ilustrasi kanker paru-paru

jpnn.com - Desainer kenamaan sekaligus aktor Robby Tumewu, Senin (14/1) lalu meninggal dunia akibat infeksi paru. Pria 64 tahun kelahiran Bandung ini sebelumnya juga diketahui mengalami stroke.

Infeksi paru merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya invasi kuman terhadap jaringan paru. Kondisi ini umum disebut dengan nama pneumonia. Gangguan kesehatan seperti infeksi paru dapat menyerang siapa saja, termasuk orang dewasa, anak-anak, serta orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang makin mudah terkena infeksi paru, salah satunya seperti kondisi yang baru saja terjadi pada almarhum Robby Tumewu, presenter kenamaan di Indonesia.

Sebelum membahas lebih dalam, ada baiknya Anda mengetahui berbagai gejala infeksi paru, sehingga Anda dapat lebih waspada terhadap penyakit ini.

Gejala infeksi paru dan penyebabnya

Infeksi paru seperti yang dialami oleh Robby Tumewu dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya kuman, virus, bakteri, mikoplasma, jamur, serta bahan-bahan yang berbahaya bagi lingkungan. Hal-hal tersebut dapat mengganggu fungsi normal paru, sehingga menyebabkan gejala khas infeksi paru, yaitu:

1. Batuk dengan dahak kuning kehijauan bahkan berdarah

2. Sesak napas

Gangguan kesehatan seperti infeksi paru dapat menyerang siapa saja termasuk orang dewasa, anak-anak serta orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News