4 Resiko Berdiri Terlalu Lama Bagi Kesehatan

4 Resiko Berdiri Terlalu Lama Bagi Kesehatan
Ilustrasi kaki. Foto: Pixabay

jpnn.com - Berdiri terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itu, jangan sepelekan berdiri terlalu lama. Beberapa dampak buruk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Varises kaki.

Saat berdiri terlalu lama, darah di daerah kaki akan berkumpul pada pembuluh darah di bagian tubuh tersebut. Akibatnya, dalam jangka waktu tertentu, hal itu akan membuat pembuluh darah pada kaki melebar sehingga terjadilah varises kaki.

Varises kaki ditandai dengan adanya pembuluh darah yang menonjol dan berbentuk keriting. Kebiasaan berdiri terlalu lama dapat memicu munculnya keluhan ini, terutama di paha bagian belakang. Selain tidak indah dilihat, varises pada kaki juga berbahaya karena dapat menimbulkan risiko kesehatan lainnya.

2. Kelemahan dan nyeri otot kaki.

Posisi tubuh saat berdiri membutuhkan sokongan dari otot-otot yang ada di kaki. Jika otot-otot kaki digunakan untuk hal tersebut secara berulang dan terus-menerus, cepat atau lambat otot bagian ini akan menjadi nyeri dan lemah.

Tak berhenti di situ, otot kaki yang digunakan untuk menumpu tubuh dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan penumpukan metabolisme gula otot seperti asam laktat. Keadaan ini menyebabkan terjadinya kram dan kesemutan pada kedua kaki.

3. Nyeri pinggang kronik.

Karena itu, jangan sepelekan berdiri terlalu lama karena bisa berdampak pada kesehatan Anda.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News