Minggu, 23 September 2018 – 18:10 WIB

Bisakah Anda Obesitas Namun Juga Tetap Sehat?

Rabu, 11 Juli 2018 – 19:32 WIB
Bisakah Anda Obesitas Namun Juga Tetap Sehat? - JPNN.COM

Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Jika Anda mengalami obesitas, penelitian baru mengatakan Anda berisiko tinggi untuk mengembangkan masalah kesehatan yang serius - bahkan jika Anda sehat saat ini.

Dilakukan oleh para peneliti di Wake Forest Baptist Medical Centre dan diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, studi ini menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan 15 kg atau lebih mungkin ingin mempertimbangkan untuk menurunkan berat badan untuk mengurangi peluang mereka mengembangkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari - termasuk diabetes, penyakit jantung dan stroke - bahkan jika mereka saat ini tidak memiliki masalah kesehatan lainnya.

"Kebijaksanaan medis umum adalah bahwa beberapa orang yang mengalami obesitas tampaknya cukup sehat dan bebas dari risiko penyakit jantung, jadi mereka belum disarankan untuk menurunkan berat badan atau mengambil langkah lain untuk mencegah penyakit jantung di masa depan," kata asisten profesor ilmu kesehatan masyarakat di Wake Forest Baptist dan penulis utama studi ini, Morgana Mongraw-Chaffin, Ph.D., seperti dilansir laman Prevention, Selasa (10/7).

Penelitian ini melibatkan 6.809 peserta dengan obesitas metabolik sehat atau MHO. Para peneliti mendefinisikan MHO memiliki indeks massa tubuh lebih besar dari 30 dan memiliki dua atau lebih sedikit faktor risiko sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kadar kolesterol tidak sehat dan lemak perut. Setiap peserta dengan penyakit kardiovaskular tidak dilibatkan.

Para peneliti mengikuti peserta selama 12 tahun. Setiap dua tahun, para peserta menjalani evaluasi klinis. Para peneliti menemukan bahwa hampir setengah dari peserta mengembangkan sindrom metabolik selama penelitian.

Menurut National Blood, Heart and Lung Institute, sindrom metabolik meningkatkan risiko mengembangkan semua jenis masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes dan stroke.

Sementara penelitian ini tidak menarik korelasi langsung antara MHO dan penyakit jantung, namun penelitian ini memang menunjukkan hubungan antara MHO dan kemungkinan mengembangkan sindrom metabolik, dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

"Dalam makalah ini, kami secara khusus melihat apakah perkembangan itu terkait dengan risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung dan kami menemukan itu," kata Mongraw-Chaffin.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar