4 Ribu Siswa Bersaing di RP Science Competition

4 Ribu Siswa Bersaing di RP Science Competition
4 Ribu Siswa Bersaing di RP Science Competition

jpnn.com - MAKASSAR -- Graha Tata Cemerlang (GTC) Kota Makassar, Sulawesi Selatan dipenuhi pelajar, Minggu (24/11). Sekira 4.000-an siswa dari pelbagai sekolah di Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata) bersaing di sebuah kompetisi sains.

Ajang itu bernama Ranu Prima Science Competition (RPSC). Digelar lembaga bimbingan belajar Ranu Prima Colleage (RPC). "Region Mamminasata memperebutkan 120 medali pada 15 kategori lomba," ujar pendiri RPC, Muhammad Ramli Rahim seperti yang dilansir FAJAR (JPNN Group), Minggu (24/11).

Sebelum region Mamminasata yang dipusatkan di Makassar, RPSC memang dihelat di juga di region lain. Region Luwu Raya diikuti 1.000-an siswa, region Bone Soppeng Wajo (Bosowa) dihadiri 800-an siswa, region Lutim 600-an siswa.
"Region Ajatapareng kita jadwalkan 1 Januari di Parepare dan region Selatan-selatan pertengahan Desember di Sinjai," tambah Ramli.

RPSC sudah digelar selama 13 tahun. Dimulai pada 2001 dan pada pelaksanaan kedua mendapat restu dari The Habibie Centre untuk memperebutkan Piala Habibie. Selanjutnya mulai 2009 memperebutkan Piala Gubernur Sulsel dan kini RPC mantap menjadi penyelenggara tunggal.

Pihak RPC menjamin, RPSC mengusung fair play. Perjuangan para peserta untuk tiba di lokasi acara tak mau dikhianati dengan pengaturan hasil lomba. "Tetapi boleh protes kalau merasa layak lolos. Panitia akan memperlihatkan hasil lomba. Kami tak ingin bikin acara yang direkayasa," tandas Ramli. (fajar/jpnn)


MAKASSAR -- Graha Tata Cemerlang (GTC) Kota Makassar, Sulawesi Selatan dipenuhi pelajar, Minggu (24/11). Sekira 4.000-an siswa dari pelbagai sekolah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News