4 Tewas Dalam Banjir Bandang Padang

4 Tewas Dalam Banjir Bandang Padang
4 Tewas Dalam Banjir Bandang Padang
JAKARTA - Banjir bandang yang melanda sejumlah daerah di Kota Padang pada Rabu (12/9) lalu memakan korban. Banjir bandang yang terjadi di Kelurahan Batu Busuk memicu terjadinya longsor. Akibatnya empat korban yang merupakan warga kelurahan tersebut tewas. "Dampak dari banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kelurahan Batu Busuk  menyebabkan empat orang meninggal,"jelas Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho ketika dihubungi, Kamis (13/9).

 

Sutopo menguraikan keempat korban tewas diduga merupakan satu keluarga. Dua orang dewasa dan dua anak-anak. Mereka adalah Jamaris yang berusia 55 tahun, Nila berumur 21 tahun, Nazwa berusia enam tahun dan adiknya Salwa yang baru berumur dua tahun. "Sang ibu Warni, istri Jamaris ditemukan dalam kondisi selamat,"kata Sutopo.

  

Banjir bandang tersebut, lanjut Sutopo, dipicu oleh curah hujan berintensitas tinggi yang terjadi di hulu sungai Batang Kuranji . Daerah-daerah yang mengalami banjir bandang antara lain, Kecamatan Pauh, Kecamatan Kuranji, Kecamatan Luki, dan Kecamatan Lubeg. Ratusan rumah di tiga kecamatan terseut tergenang banjir. Pada 24 Juli lalu, daerah-daerah tersebut juga terkena bencana banjir bandang. "Dilaporkan juga di Kabupaten Pesisir Selatan juga dilanda banjir dan hujan lebat. Data masih dikumpulkan oleh BPBD Pessel. Korban sementara belum ada,"ujar dia.

  

Terkait bantuan, Sutopo menegaskan bahwa tim BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kota Padang, TNI, Polri, Tagana, PMI, dan masyarakat berada di lokasi kejadian untuk memberikan bantuan darurat. BPBD Kota Padang akan mendirikan tenda 20 buah pada malam ini. Tim gabungan sudah menurunkan seluruh petugas untuk melakukan evakuasi di tempat pengungsian, persiapan distribusi makanan & peralatan, pemantauan lokasi bencana. "Jadi sudah ditangani dengan cepat,"imbuh dia.

 

JAKARTA - Banjir bandang yang melanda sejumlah daerah di Kota Padang pada Rabu (12/9) lalu memakan korban. Banjir bandang yang terjadi di Kelurahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News