4 Tips untuk Pelaku UMKM Bertahan di Tengah Situasi Pandemi Covid-19

4 Tips untuk Pelaku UMKM Bertahan di Tengah Situasi Pandemi Covid-19
Ilustrasi salah satu UMKM. Foto dok Antam

jpnn.com, JAKARTA - Wabah pandemi covid-19 telah meluluh lantahkan bisnis perusahaan brand-brand besar. Saat ini pengusaha dipaksa dalam posisi bertahan, sudah tidak lagi memikirkan profit tetapi bagaimana agar bisa bertahan menjaga keseimbangan perusahaan serta mempertahankan karyawan mereka.

Berbagai macam usahapun dilakukan. Banyak usaha yang berganti model bisnisnya seperti Pizza Hut jual di pinggir jalan, hotel menjadi ruang kerja, industry fashion berjualan masker, catering rumahan berjualan frozen food, dan lain sebagainya.

Menurut Kevin Maulana, founder Akudigital, dari hasil pengamatannya justru ada beberapa bisnis kecil UMKM malah merangkak naik.

"Mereka yang sudah mengerti digital marketing tahu caranya, siapa target marketnya, serta teknis penerapannya, mereka tetap mendapatkan order-an secara. Hal ini kerap menjadi perhatian seluruh pengusaha, karena digital marketing ini seluruh proses dilakukan secara online sehingga memudahkan kita yang tidak bisa kemana-mana atau wfh," tutur Kevin.

Berikut tips dari Akudigital agar bertahan di era new normal:

1.Geser fokus, buat produk yang relevan dan manfaatkan peluang membuat produk yang relevan dengan kondisi pandemic saat ini. Kombinasikan dengan produk yang ada atau ciptakan produk dengan market baru yang relevan.

Contoh seperti industry fashion yang beradaptasi dengan style APD atau masker yang didesain secara premium. Industri catering yang berjualan frozen food secara online dan lain sebagainya.

2. Maksimalkan layanan online dengan digital marketing. Ketahui siapa target market Anda, di mana mereka dapat menemukan produk / brand anda. Apakah di
social media, search engine, marketplace lalu optimasi melalui platform tersebut.

Platform Akudigital memberikan sejumlah tips bagi pelaku UMKM untuk tetap bertahan di tengah pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News