400 Anggota Brimob Diterjunkan, 3 Ekor Elang Brontok Dilepas liar

400 Anggota Brimob Diterjunkan, 3 Ekor Elang Brontok Dilepas liar
TNGHS, Korps Brimob dan PT Antam UBPE Pongkor melepas liar tiga ekor elang Brontok dan melakukan penanaman seribu bibit pohon. Foto: TNGHS.

jpnn.com, BOGOR - Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Korps Brimob Polri dan PT Antam UBPE Pongkor menggelar kegiatan melepas liar tiga ekor elang Brontok dan melakukan penanaman sebanyak seribu bibit pohon asli TNGHS.

Kegiatan dilakukan di blok hutan Hanjawar, resort pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW) Gunung Botol, Seksi PTNW II Bogor, TNGHS, Senin (4/7) kemarin.

Sebanyak 400 personel Korps Brimob Polri, sejumlah anggota kelompok tani Hutan Cikaniki Sejahtera dan petugas Balai TNGHS terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menurut Kepala Koordinator Instruktur Brimob AKBP Daulat Nainggolan, pihaknya selama ini telah rutin menggunakan kawasan TNGHS sebagai area latihan.

"Area ini memiliki kondisi biofisik yang ideal untuk pembentukan anggota Korps Brimob Polri yang memiliki keterampilan dan kemampuan optimal dalam menjawab potensi tantangan tugas di area-area yang ekstrem," ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Balai TNGHS Pairah mengatakan kelestarian ekosistem hutan asli di TNGHS sangat penting dijaga.

Karena memiliki fungsi ekologi, sosial dan ekonomi, sehingga dapat dinikmati generasi saat ini maupun yang akan datang.

"Penanaman pohon bertujuan untuk mengembalikan area TNGHS yang telah mengalami kerusakan menjadi hutan kembali, sehingga akan kembali menjadi habitat yang baik bagi berbagai flora dan fauna."

Sebanyak 400 anggota Brimob diterjunkan, seribu bibit pohon ditanam, tga elang Brontok dilepas liar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News