400 Pasukan TNI Yonif Raider Ksatria Menuju Papua, Kemampuan Bertempur Tak Diragukan

400 Pasukan TNI Yonif Raider Ksatria Menuju Papua, Kemampuan Bertempur Tak Diragukan
Prajurit Raider mengikuti upacara pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/Ksatria Jaya di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi)

jpnn.com, PALEMBANG - Sebanyak 400 prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Organik dikirim ke Papua.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi melepas keberangkatan para prajurit di Dermaga Pelabuhan Boom Baru, Kota Palembang, Jumat.

Prajurit Satgas Organik yang dipimpin Danyonif 142/KJ Letnan Kolonel Inf Esnan Haryadi itu berangkat ke wilayah Papua menggunakan KRI Teluk Bentuni–520. Mereka akan melakukan perjalanan melalui jalur laut ke Papua yang ditempuh sekitar sepuluh hari.

Mayjen Agus Suhardi mengatakan Satgas Yonif Raider diberangkatkan untuk melaksanakan tugas pokok terkait Pembinaan Teritorial (Binter) dan Komunikasi Sosial (Komsos) di Papua selama sembilan bulan.

"Tugas ini merupakan suatu amanah, kehormatan sekaligus kepercayaan yang harus dijawab dengan karya nyata, penuh semangat, dedikasi, dan disiplin dalam menjalankan tugas operasi," kata pangdam dalam rilis saat upacara keberangkatan prajurit di Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Agus mengingatkan pelaksanaan tugas operasi kali ini mengalami perubahan dari operasi tempur menjadi tugas teritorial sehingga harus dilaksanakan secara humanis dan menghindari cara-cara kekerasan.

“Sebagaimana kita pahami bersama bahwa pola operasi strategi yang dilaksanakan di Provinsi Papua dan Papua Barat telah mengalami perubahan konsep operasi, dari operasi tempur menjadi tugas Kodim dan Koramil dengan sebutan Satgas Satuan Organik. Di mana semua kegiatan operasi dilaksanakan secara humanis atau kemanusiaan, dengan melaksanakan kegiatan pembinaan Teritorial dan Komunikasi Sosial serta menghindari cara-cara kekerasan," kata dia.

Di sisi lain, pangdam berpesan kepada prajurit Satgas Yonif Raider 142/KJ untuk menghindari pelanggaran sekecil apa pun serta terus meningkatkan iman dan Takwa tepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pangdam Mayjen TNI Agus Suhardi melepas keberangkatan 400 prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya ke Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News