416 Rumah di Kabupaten Batu Bara Dapat Bantuan Sambungan Listrik dari PLN

416 Rumah di Kabupaten Batu Bara Dapat Bantuan Sambungan Listrik dari PLN
Peresmian dan penyalaan pertama program BPBL di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Foto dok PLN

jpnn.com, BATU BARA - Pemerintah bersama PT PLN (Persero) kembali menyalurkan sambungan listrik gratis melalui program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) ke 416 keluarga tidak mampu, di Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Program bantuan kolaborasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini, merupakan bentuk kehadiran negara dalam mewujudkan energi berkeadilan.

"Terima kasih kepada PLN dan Pemerintah. Selama ini listrik rumah kami masih numpang ke tetangga. Akhirnya melalui program ini kami bisa memiliki listrik sendiri. Pada malam hari anak-anak dapat belajar dan mengaji. Semoga dengan adanya listrik ini, kehidupan kami bisa dapat lebih baik lagi," ungkap Hamli, salah satu penerima bantuan sambungan listrik gratis.

Anggota Komisi VII DPR RI Nasril Bahar berharap, program BPBL bisa terus berjalan karena dapat membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu yang belum memiliki listrik.

"Kalau pasang baru, biaya pemasangan dan token bayar sendiri. Namun melalui program ini sangat membantu masyarakat, di mana pemasangan listrik tidak bayar dan diberi token 20 ribu, dan diberi 3 lampu. Artinya masyarakat tidak mengeluarkan biaya apapun untuk pemasangan listrik," ucapnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari mengatakan, listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

Di Indonesia, masih ada 0,4 persen atau 318 ribu rumah tangga yang belum memiliki listrik dan ini menjadi tantangan.

"Program ini adalah upaya pemerintah bagaimana masyarakat bisa menikmati listrik dari PLN. Dengan adanya program ini, bisa memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat dan dapat hidup lebih baik dan perekonomian," katanya.

PLN berkolaborasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menyalurkan sambungan listrik gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News