45 Menit Saja, Aktivitas Seni Ini Ampuh Atasi Stres

45 Menit Saja, Aktivitas Seni Ini Ampuh Atasi Stres
ILUSTRASI. FOTO: Laman MSN

jpnn.com - Manfaat terapi seni telah terbukti secara ilmiah. Peneliti Amerika telah menunjukkan bahwa tanpa memandang usia atau pengalaman, kegiatan kreatif ini bisa menurunkan tingkat stres secara signifikan lebih rendah.

Benarkah mewarnai, menggambar, pemodelan dengan tanah liat atau kolase mengurangi gejala kecemasan?

Para peneliti di Drexel University yang berbasis di kota Philadelphia, berusaha untuk mencari tahu apakah berbagai jenis kegiatan seni bisa menurunkan tingkat kortisol yang dikenal sebagai hormon stres dalam tubuh.

Untuk keperluan penelitian, 39 orang dewasa berusia antara 18 tahun hingga 59 tahun mengambil bagian dalam kegiatan seni selama 45 menit.

Kadar kortisol mereka diukur sebelum dan sesudah sesi melalui sampel air liur. Para peserta diberikan spidol, kertas, tanah liat dan bahan kolase. Seorang terapis seni hadir, tapi sengaja membiarkan sesi berjalan sebebas mungkin, sehingga para seniman ini bisa melakukan apa yang mereka inginkan.

Para peneliti menemukan bahwa 75 persen dari peserta mengalami penurunan tingkat kortisol mereka. Tidak ada hubungan antara pengalaman seni masa lalu dan tingkat kortisol lebih rendah.

Kesaksian tertulis menunjukkan bahwa sebagian besar pasien melakukan tes dengan sangat santai dengan beberapa dari mereka mengalami penurunan tingkat kecemasan dalam lima menit pertama.

Lainnya mengatakan bahwa mereka kurang terobsesi tentang hal-hal yang perlu dilakukan dan mampu menempatkan hal-hal dalam perspektif.

Manfaat terapi seni telah terbukti secara ilmiah. Peneliti Amerika telah menunjukkan bahwa tanpa memandang usia atau pengalaman, kegiatan kreatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News