46 Warga Lebak Terserang DBD, Satu Meninggal

46 Warga Lebak Terserang DBD, Satu Meninggal
Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Lebak Firman Rahmatullah. Foto: Antara

jpnn.com, LEBAK - Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lebak, Banten hingga pertengahan Maret 2020 mencapai 46 orang. Satu di antaranya meninggal dunia.

"Kami minta warga meningkatkan kebersihan lingkungan, terlebih saat ini curah hujan cukup tinggi untuk mengantisipasi penularan DBD itu," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Lebak Firman Rahmatullah, Jumat.

Penderita DBD 46 orang itu tersebar di Kecamatan Rangkasbitung, Cipanas, Kalanganyar, Gunungkencana, Cileles, Sajira, Cikulur dan Warunggunung.

Masyarakat yang terjangkit penyebaran DBD itu karena tinggal di lokasi padat penduduk dan mudah berkembanbiangnya populasi nyamuk aedes aegefti pembawa virus maut.

Populasi nyamuk DBD itu berkembangbiak di barang-barang bekas juga genangan air yang tidak menyentuh tanah, apalagi curah hujan cenderung meningkat sehingga rawan penyeberan penyakit yang bisa mematikan bagi si penderitanya.

Mereka para penderita yang diketahui positif terjangkit DBD setelah dilakukan perawatan di Rumah Sakit dan Puskesmas.

Untuk memutus mata rantai penularan penyebaran DBD, kata dia, pihaknya meminta masyarakat dapat mengoptimalkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) juga melakukan gerakan 3 M (mengubur, menguras, menutup) juga menyebarkan abate di kamar mandi.

Sebab, gerakan PSN dan 3M serta penyebaran abate dapat mematikan jentik-jentik nyamuk DBD.

Jumlah penderita DBD di Kabupaten Lebak hingga pertengahan Maret 2020 mencapai 46 orang. Satu di antaranya meninggal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News